Tulisan Itho (Sukma Toshar) untuk video klip Try

Sukma Toshar (Itho), temannya Saksi Satria (Saksi) yang sempat berkunjung ke Jogja dan bermain bersama lagu yang dia punya dan video yang kami buat bersama. Berikut kesan yang ia tuliskan selama proses tersebut.

Ditulis oleh: Sukma Toshar, 21 Maret 2015
Sumber: klik


Bersama Saksi (Saksi Satria), Kiki (Rifki Mansur Maya) dan Ubul (Dede Heriadi) dalam proses pembuatan video klip “Try”..

Jogja awal 2013… waktu itu cuacanya lagi musim hujan, Jadi ga terlalu panas karna langit lagi sering mendung…

Kesana aku datang sendiri pake kereta ekonomi jurusan Bandung - Jogja.. Tiba di stasiun Jogja aku sudah ditungguin oleh Saksi (Saksi Satria Wiguna)… Saksi tuh temen sekampus aku dulu, kebetulan dia lagi kerja di Jogja… Kerjaannya saksi di residensi seni rupa ngebawa dia kenal banyak orang yang seneng dengan seni.. jadinya beruntung banget deh..karena disana aku dikenalin ama temen-temennya..

ok singkat cerita…

Pagi di daerah Krapyak, kami berdua (aku dan saksi)keliling-keliling pake motor Honda tua nyari kostan baru untuk saksi…karena dia ini harus segera pindah dari kostan lamanya….

ga gampang nyari kostan disana, jadi saksi juga minta bantuan ama kenalannya disana untuk nunjukin kostan yang murah dan enak…
ketemuanlah kami dengan temennya saksi itu di warung kopi terdekat..

ikutan kenalan deh disitu,, ternyata namanya Kiki (Rifki Mansur Maya).
setelah itu kiki ngajak kami ke TKP untuk ngeliat kost'an yang kiki rekomendasiin… sampai sana ternyata bapa kostnya lagi ga ada..
karena harus nunggu ampe aga siang, kiki ngajak kami untuk bertamu dulu ke kostannya yang tidak jauh dari TKP.. di kostan kiki kamipun ngobrol ngobrol ringan sembari nunggu bapa kost datang.. ..lambat laun pembicaraan masuk pada hal yang menarik yaitu obrolan tentang seni..kamipun saling berbagi cerita tentang pengalaman kami..

Ternyata kiki seneng banget dengan dunia cinematografi, penggarapan film dan videoklip udah banyak dia lakoni..garapan-garapannya ada yang join ama komunitas juga ada yang garapan sendiri.. tapi kalo aku suka banget ama karya-karya dia yang digarap sendiri.. idenya selalu sederhana, urakan, surprising dan bikin mikir.. daripada penasaran liat aja www.kikiretake.com

ok back to topik..

Lama ngobrol,hidangan minuman segar tuanrumahpun datang.. Suasana semakin “woles” dan musikpun mulai mengalun sejuk dari speaker.. Obrolan mulai kemana-mana ampe kembali fokus ketika Kiki bilang “gue pengen bikin video klip, tapi video klipnya cuman nampilin orang tidur doang”. Entah knapa aku ujug-ujug respon omongan Kiki dengan bilang “udah aja lagu aku ajA..HEHE” aku sambil malu-malu menunjukan lagu ciptaan aku. Dan Saksi ikut dukung juga… “iya bisa tuh”
Obrolan semakin mendalam masuk ke topik tentang pembuatan video kami itu, ampe terjadi kesepakatan bahwa “malem minggu nanti kita harus ngerealisasiin ide video ini..”.

jadi Idenya tentang orang yang tidur sambil dengerin musik…konsep Videonya cma begitu.. Alasannya sih simple yaitu “real banget dan kayanya asik dibikin video klip” hehe…

Akhirnya siang datang kamipun ingat ama si bapa kost..setelah di cek lewat telepon ternyata sudah datang…sampai akhirnya kami dan kiki berpisah..

Saksi dan Kiki ini udah biasa kali ya bikin karya dengan gaya ngedadak seperti itu. Cuma 2 jam ngobrol-ngobrol, trus sepakat deh bikin video klip..

awalnya aku ragu..mungkin gara-gara nervous… soalnya aku ga biasa sespontan itu bikin sesuatu…

Sebelum Malem minggu dateng..kita sempet ketemu lagi…ngebahas tentang keraguan aku ini..Tapi suasana yang dibuat ama temen-temen tuh nyantei banget.. dan akhirnya kita putusin kalo kita “Jadiin” buat videonya… “why it must be so serious”…”just keep the line in” “have fun”

Malem minggu datang..kita gunain kantor saksi sebagai lokasi shooting… awalnya kami berencana ngehajar video klip ini hanya bertiga, tetapi ternyata ada temen dari bandung yaitu Ubul ngasih banyak bantuan juga…

sebelum proses shooting, kami briefing bagaimana menciptakan aksen aksen dalam video klip.. yaitu dengan menampilkan aksen gerak dalam adegan yang statis. Hal itu biar si video clip ga kaku..

Gorden kamar adalah fokus perhatian kami untuk menampilkan aksen gerak itu.. dan ada ide muncul untuk ngeggunain kipas angin untuk gerakin gondennya..banyak tawa disana terlebih aksi-aksi Saksi yang kocak. Tapi saksi ini memang bener-bener total banget..

Sebagai kameramen kiki standby di kameranya..nyari sudut pandang yang pas untuk menampilkan gambar dari semua objek yang ada. Memang semestinya sebagai kameramen dia harus detail. Menganggap objek yang ada dalam layar memiliki fungsinya masing-masing serta harus menjadi satu kesatuan dalam membangun suatu kesan..


sedangkan aku yang jadi modelnya sibuk mencari bloking yang pas. aku dapet pengarahan dan support dari temen-temen.. terlebih dari Ubul yang selalu memberi saran agar aku lebih bergerak luwes ketika beracting.. waduh ga gampang ternyata jadi model ampe bisa salah berapa kali.


Akhirnya dalam 2 jam kami sukses menyelesaikan pengambilan gambar.. penggarapan video ini memang dapat dibilang santai..tapi kami tau bahwa yang kami buat ini adalah hal yang menarik dan menjadi sesuatu yang besar bila kami kerjakan.

Konsep video ini sederhana tapi muncul dari gagasan yang orijinal, serta penghayatan dari materi musik yang ada agar “rasa”nya dapat lebih terasa.

Kiki,saksi dan ubul tentu aku pengen bilang makasih banget…bukan hanya karena kalian ngebuatin video yang aku suka.. tetapi karena telah mengispirasi juga… proses semacam ini bikin banyak perenungan baru dalam kegiatan kekaryaanku.. karena moment itu, kini aku terdorong untuk dapat lebih berani dan enjoy dalam memperjuangkan ide ide spontanku…

seneng ada moment semacam ini, hal ini akan aku inget terus sampai kapanpun pastinya...

*sumber:

others